Jurusan Filsafat

Deskripsi Jurusan

Filsafat merupakan bidang ilmu yang mempelajari cara berpikir. Quipperian dilatih untuk mempertanyakan suatu keadaan. Selain itu, juga akan diajarkan bagaimana memformulasikan dan mengokohkan pandanganmu secara merdeka tentang suatu permasalahan di dunia ini. Kamu akan diajak untuk mengenal jenis-jenis kesesatan berpikir, karakteristik ilmu pengetahuan, mengkritik suatu karya seni, pentingnya empati, mengkaji kapan suatu tindakan bisa dikatakan baik dan buruk, dan sebagainya.

Baca juga : Jurusan Kebidanan

Kenapa Harus Memilih Jurusan Filsafat?

  • Sangat banyak keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan Filsafat.
  • Memiliki kemampuan berpikir kritis, rasional, dan logis, sehingga mampu menjadi pencetus ide yang diberbagai bidang. Dengan kata lain, lulusan Filsafat bisa kerja jadi apa saja!
  • Kemampuan membaca, berargumentasi, dan berdiskusi seorang lulusan Filsafat sangat terasah. Selain itu, lulusan filsafat juga punya kemampuan memroses informasi secara jernih.
  • Mampu mengidentifikasi, merumuskan, dan memecahkan persoalan dasar kemasyarakatan khususnya terkait dengan keilmuan dan teknologi, etika terapan, sosial politik, dll.
  • Kepribadian seorang Sarjana Filsafat biasanya mencerminkan kepribadian cendikiawan yang bijaksana, humanis, nasionalis, demokratis, juga adil.
  • Bisa melanjutkan studi jenjang pascasarjana di bidang apapun, karena lulusan Filsafat memiliki bekal analytical thinking yang juara!

Mengenal Beberapa Mata Kuliah Filsafat

1. Sejarah Filsafat Modern
Dalam mata kuliah ini, kamu akan belajar tentang sejarah filsafat dalam perkembangan dunia modern. Biasanya, banyak buku yang harus kamu baca untuk bahan referensi di kelas.

2. Sejarah Filsafat Yunani
Berbanding terbalik dari mata kuliah sejarah filsafat modern, di kelas sejarah filsafat Yunani, kamu akan belajar tentang Plato, Aristoteles, dan filsuf-filsuf besar lainnya. Kamu juga akan belajar tentang pemikiran-pemikiran mereka yang hingga kini mungkin masih menyisakan pertanyaan.

3. Ilmu Filsafat
Ketiga, ada ilmu filsafat yang mencakup banyak hal. Mulai dari filsafat agama, filsafat ekonomi, hingga filsafat budaya ada di mata kuliah satu ini.

4. Metafisika
Cabang ilmu ini mengajari calon filsuf terkait proses analitis suatu keberadaan dan realitas dari kehidupan.

5. Etika
Terkait mata kuliah etika, disini kamu akan belajar seperti apa kualitas dan standar penilaian moral itu.

6. Logika
Meski filsafat menghasilkan para pemikir, namun para mahasiswanya juga dibekali cara berpikir tepat dan lurus. Jadi jangan katakan jika filsuf adalah penghayal. Sebaliknya, mereka adalah orang yang logis yang mampu berpikir kritis.

7. Teori dan Metode Penelitian Kebudayaan
Di mata kuliah ini, kamu akan belajar tentang teori budaya dan juga metode dalam penelitian.

8. Fenomenolog
Ilmu ini mempelajari tentang fenomena dan kaitannya terhadap struktur pengalaman hidup umat manusia.

9. Pragmatisme
Ilmu ini adalah salah satu yang mengajarkan bahwa kepastian merupakan bukti atau akibat dari segala hal yang memang terjadi secara nyata.

10. Estetika
Banyak yang akan menyukai cabang ilmu satu ini karena kamu akan diajari tentang keindahan dan rasa dari keindahan tersebut.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *