Jurusan Jurnalistik

Deskripsi Jurusan

Jurusan Jurnalistik mengajak mahasiswa mendalami dunia jurnalistik beserta karakter dan dinamika yang terjadi di berbagai media massa (televisi, radio, cetak, dan online). Mahasiswa akan mempelajari bagaimana suatu informasi didistribusikan melalui media massa, dan mengetahui karakter masing-masing media beserta perubahannya. Dalam perkuliahan, mahasiswa akan belajar berbagai hal termasuk mencari, menulis, serta menyunting berita. Kemampuanmu menyampaikan pesan melalui berbagai media massa akan terus diasah selama mengenyam pendidikan di jurusan ini. Umumnya, Jurnalistik menjadi salah satu pilihan konsentrasi di Jurusan Ilmu Komunikasi. Namun, di beberapa kampus Jurusan Jurnalistik bisa berdiri sendiri.

Baca juga : Jurusan Filsafat

Mata Kuliah: Kurikulum Jurusan Jurnalistik

Berikut ini daftar mata kuliah pokok dan deskripsinya sekaligus gambaran standar kurikulum jurusan jurnalistik terkait dengan pengetahuan, keterampilan, dan etika jurnalistik.

01. Dasar-Dasar Jurnalistik

Memberikan pengetahuan teoretis mengenai dunia jurnalistik, meliputi sejarah dan pengertian jurnalistik, jenis-jenis jurnalisme, produk jurnalistik atau jenis-jenis karya jurnalistik, kode etik jurnalistik, serta kewartawanan (cara kerja wartawan).

02. Hukum & Etika Jurnalistik

Mengkaji sistem dan hukum media massa atau peraturan tentang lembaga pers yang berlaku di Indonesia. Materi bahasan menyangkut latar belakang filosofi tentang ketentuan hukum dan kode etik jurnalistik, UU Pers, UU Penyiaran, KUHP (delik pers).

03. Bahasa Jurnalistik

Memberikan wawasan teoretis dan praktis agar mahasiswa menguasai tata bahasa Indonesia yang baik dan benar, cara penulisan berita, feature, tanda baca dan tipografi, dll. Di samping itu, mahasiswa diharapkan menguasai penggunaan bahasa baku pada produk/karya jurnalistik dan menyusun kalimat efektif.

04. Dasar-Dasar Fotografi

Memberikan wawasan teoretis dan praktis mengenai metode pemotretan, meliputi cara menggunakan kamera, karakteritis kamera dan teknik pengambilan foto (kecepatan, rana, pencahayaan, dsb).

05. Jurnalistik Foto

Membahas konsep, prinsp-prinsip proses dan teknik-teknik produk foto sebagai karya jurnalistik, baik berdiri sendiri maupun sebagai penunjang pemberitaan.

06. Teknik Reportase

Memberikan keterampilan peliputan peristiwa dan pendalaman isu aktual melalui pengamatan langsung ke lapangan/tempat kejadian perkara, wawancara, dan studi literatur atau riset data.

07. Teknik Wawancara

Materi kuliah teknik wawancara meliputi pengertian wawancara, jenis-jenis wawancara, serta persiapan, pelaksanaan, dan penulisan (transkip) hasil wawancara serta teknik penulisan atau penyajiannya.

08. Teknik Penulisan Berita

Pengertian berita, nilai berita, unsur berita (5W1H), anatomi atau struktur tulisan berita, jenis-jenis berita, dan etika pemberitaan.

09. Teknik Penulisan Feature

Pengertian feature, karakteristik, jenis-jenis feature, anatomi feature, penulisan lead, dan gaya bahasa khas feature.

10. Teknik Penulisan Artikel

Pengertian artikel, jenis-jenis, struktur tulisan, kualifikasi penulis, teknis penulisan, menggali ide, pengembangan ide, dll.

11. Teknik Penyuntingan Naskah (Editing)

Pengertian editing, aspek teknis dan nonteknis, syarat redaktur, penguasaan bahasa, pemahaman visi-misi media, dan editorial policy.

12. Manajemen Media

Memberikan wawasan tentang kiat mengelola sebuah media, termasuk manajemen media online, baik divisi redaksi maupun marketing –proses pendirian, perencanaan, pengorganisasia, pelaksanaan, dll. Landasan filosifis manajemen redaksi, newsplaning, newshunting, newswriting, news editing, struktur organisasi redaksi, job description.

13. Manajemen Pemasaran Media

Mata kuliah khusus manajemen media bisang pemasaran yang masih langka di jurusan jurnalistik. Materi pokoknya berupa positioning media, target audiens, strategi pasar modern (online marketing) dan trasional/konvensional, pembinaan agen, reward and punishment agency, inkaso, dll.

14. Jurnalistik Radio

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang karakteristik dan sifat radio siaran serta sifat pendengar radio siaran, pengetahuan teoretis dan praktis mengenai dasar-dasar jurnalistik radio, teknik reportase radio, perencanaan program siaran berita radio komersial, wawancara radio, serta teknik penulisan naskah radio.

15. Jurnalistik Televisi

Memberikan pemahaman tentang karakteristik dan sifat televisi siaran serta sifat khalayak televisi. Pengetahuan teoretis dan praktis mengenai dasar-dasar jurnalistik televisi siaran, langkah-langkah dan teknik-teknik yang harus dilakukan oleh seorang repoter televisi dalam meliput peristiwa, juga diperkenalkan pada dasar-dasar teknik pertelevisian, teknik peralatan, serta teknik operasional studio.

16. Jurnalistik Online

Mahasiswa dibekali pemahaman tentang karekteristik jurnalisme online, karakteristik media online, manajemen media online, penulisan naskah untuk media online (online writing style), reportase online, SEO, mobile journalism, netizen journalism, dan perkembangan jurnalisme multimedia seperti jurnalisme data.

17. Magang

Memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktikan pengetahuan profesi jurnalistik dan menggali pengalaman kerja di lembaga /industri media massa.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *