Jurusan Mikrobiologi – Bagaimana Prospek Kerjanya? Yuk Simak!

Jurusan Mikrobiologi – Bagaimana Prospek Kerjanya? Yuk Simak!

Nov 13, 2022 by admin

Apa itu Jurusan Mikrobiologi?

Jurusan Mikrobiologi merupakan Ilmu terapan yang mempelajari pemanfaatan mikroorganisme (mikroba) sebagai alat untuk peningkatan kualitas hidup manusia. Di jurusan ini kamu akan lebih mempelajari tentang ragi, bakteri, alga bersel satu, jamur, virus, dan protozoa. Selain itu kamu juga akan mempelajari biologi molekuler, dan mikroba patogen untuk pengobatan, pengendalian penyakit, serta menentukan waktu kadaluwarsa makanan dan minuman kemasan.

Baca juga : Penjelasan Mengenai Jurusan Metrologi

Saat belajar tentang mikroba apatogen, kamu juga belajar tentang pengawetan makanan, berbagai macam antibiotik, juga tentang produksi makanan fermentasi seperti yoghurt, nata de coco, tempe, kecap, asinan, oncom, dan lain-lain. Kamu juga akan mempelajari berbagai mikroba yang bermanfaat bagi pengelolaan lingkungan, pengendalian hama, dan pengolahan limbah, hingga mikroba yang dapat digunakan untuk meningkatkan perolehan minyak bumi. Bidang peminatan jurusan Mikrobiologi, diantaranya:

  • Mikrobiologi Kesehatan yang mempelajari riset penggunaan mikroba untuk meningkatkan kualitas makanan dan penyediaan bahan makanan dari mikroba.
  • Mikrobiologi Lingkungan, mempelajari riset peningkatan penyelesaian permasalahan lingkungan, dan ekologi mikroba.
  • Mikrobiologi Industri mempelajari riset produksi metabolit primer dan sekunder, mencakup pemisahan produk dan optimasi produksi.
  • Mikrobiologi Sains mempelajari riset pengembangan pengetahuan tentang mikrobiologi, edufriends.

Kenapa Jurusan Mikrobiologi?

Berkuliah di Jurusan Mikrobiologi kamu dapat memanfaatkan berbagai pengetahuanmu untuk membuat jenis makanan sehatmu sendiri misalnya saja pada yogurt dan keju. Tak hanya itu, kamu juga dapat membantu menyelesaikan masalah dunia dalam hal krisis pangan, sebab salah satu persoalannya adalah bagaimana memanfaatkan hasil pertanian yang melimpah menjadi produk-produk makanan yang lebih tahan lama dengan nilai gizi yang baik. Hal ini dapat diperoleh melalui proses fermentasi mikrobiologi, mengubahnya menjadi makanan yang tahan lama, bergizi dan ekonomis.

Selain itu, dengan mempelajari mikrobiologi kamu juga bisa turut serta dalam menjaga habitat bumi, sebab tahukah kamu mikroba kini mulai banyak digunakan untuk mengatasi berbagai masalah limbah. Misalnya saja pada saat pengangkutan minyak bumi dari pengeboran lepas pantai atau distribusi minyak bumi dari satu tempat ke tempat yang lain. Jika terjadi kebocoran di laut sehingga mengakibatkan tumpahan minyak bumi (yang tentunya mencemari laut), mikroba tepatnya bakteri tertentu memiliki kemampuan untuk membantu proses pembersihan laut dengan memakan minyak yang ada. Selain itu dengan pengembangan industri bioproses yang ramah lingkungan. Industri-industri berbasis mikroba ini dapat meningkatkan produksi pangan, sandang, obat-obatan, dan bahan baku kosmetik. Salah satu yang telah dirintis adalah penggunaan mikroorganisme seperti jamur dan mikroalga sebagai bahan pangan dan suplemen nutrisi, edufriends.

Prospek Kerja Jurusan Mikrobiologi

Pada mulanya pemanfaatan mikroba hanya berkisar pada industri makanan saja. Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, mikroba pun banyak digunakan untuk kegiatan manusia lainnya seperti pengelolaan limbah, pengembangan ilmu pengetahuan di bidang rekayasa genetika dan lain sebagainya, sehingga prospek kerjanya pun terbuka lebar. Berikut ini gambaran bidang pekerjaan untuk lulusan jurusan Mikrobiologi, edufriends:

Instansi Pemerintahan

Pada Instansi pemerintah, lulusan mikrobiologi dapat bekerja di berbagai Departemen (seperti Departemen Pertanian, Departemen Pertambangan dan Perminyakan, Departemen Kesehatan, dan lain-lain) sebagai ahli mikrobiologi, yang tugasnya menyelidiki pertumbuhan, struktur, pengembangan dan karakteristik lain dari organisme mikroskopis, seperti bakteri, alga, atau jamur.

Lembaga Penelitian

Selain itu, PTN/S, BATAN, Biofarma, dan Balitsa merupakan tempat yang tepat bagi lulusan Mikrobiologi yang ingin mengambangkan pengetahuannya sebagai pengajar atau peneliti.

Industri Makanan

Pada bidang Industri lulusan Mikrobiologi banyak dibutuhkan di industri makanan seperti Indofood, Garuda Food, Walls, Ultrajaya, dan lain-lain. Biasanya lulusan Mikrobiologi akan bekerja sebagai staff Quality Control, Quality Assurance, ataupun di bagian Research and Development.

EnterPreneur

Lulusan Mikrobiologi pun dapat mengembangkan beberapa produk makanan yang ada seperti tahu, tempe, keju, yogurt, dan lain-lain sebagai usaha kecil dan menengah. Selain itu, menjadi pengusaha jamur pun dapat dijadikan sebagai pilihan usaha.

Konsultan Lingkungan

Bagimu yang memiliki keinginan mulia untuk turut serta dalam menjaga bumi, maka menjadi konsultan Lingkungan merupakan pilihan yang tepat untukmu. Lulusan jurusan ini memiliki pengetahuan tentang pengelolaan limbah dengan bantuan mikroba. Oleh karena itu, lulusan Mikrobiologi mampu bekerja sebagai konsultan yang berbasis lingkungan, edufriends.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *