Jurusan Peradilan Agama – Beserta Prospek Kerja nya, Simak!

Jurusan Peradilan Agama – Beserta Prospek Kerja nya, Simak!

Nov 14, 2022 by admin

Apa Itu jurusan Peradilan Agama?

Jurusan Peradilan Agama merupakan salah satu jurusan di Fakultas Syariah yang mempelajari hukum-hukum Islam serta pengaruhnya terhadap berbagai aspek hidup yang diatur dalam agama Islam. Di jurusan ini kamu akan mempelajari hukum perdata dalam Islam yang mengatur Perkawinan, Izin poligami, Kewajiban suami atau istri, Cerai talak, Cerai gugat, Harta bersama, Penguasaan anak, Pengangkatan anak, Pencabutan kekuasaan orang tua, Penunjukan orang lain sebagai wali, dan lain-lain. Selain itu peradilan agama juga mengatur hukum tentang sengketa ekonomi dalam Islam, dan hukum keluarga dalam Islam. Kamu juga akan mempelajari proses dan tata cara penyelenggaraan peradilan agama di Indonesia secara lebih seksama di jurusan ini.

Baca juga : Penjelasan Mengenai Jurusan Kriminologi

Kenapa Jurusan Peradilan Agama

Peradilan Agama adalah salah satu badan peradilan pelaku kekuasaan kehakiman untuk menyelenggarakan penegakan hukum dan keadilan bagi rakyat pencari keadilan perkara tertentu antara orang-orang yang beragama Islam di bidang perkawinan, waris, wasiat, hibah, wakaf, zakat, infaq, shadaqah, dan ekonomi syari’ah. Berkuliah di Jurusan Peradilan Agama tidak hanya akan mengajarkanmu tentang hukum Islam saja, tetapi juga implementasi hukum Islam di kehidupan masyarakat. Selain itu kamu juga akan mengenal lebih dekat Peradilan Agama, sebagai salah satu badan yang menyelenggarakan penegakan hukum perkawinan, hak waris, wasiat, hibah, wakaf, zakat, infaq, shadaqah, hingga ekonomi syari’ah edufriends.

Prospek Kerja Jurusan Peradilan Agama

Lulusan Jurusan Peradilan Agama dapat berkerja di berbagai departemen di pemerintahan seperti Departemen dan Pengadilan Agama, pengacara, hakim, jaksa, maupun konsultan hukum yang kompeten dalam hukum Islam dan syariah edufriends, berikut ini beberapa gambaran pekerjaannya:

Hakim Peradilan Agama 
Tugas utama hakim peradilan agama adalah menerima, memeriksa dan mengadili serta menyelesaikan semua perkara yang diajukan kepadanya. Dalam perkara perdata, hakim harus membantu para pencari keadilan dan berusaha keras untuk mengatasi hambatan-hambatan dan rintangan agar terciptanya peradilan yang sederhana, dan efisien.

Pengacara
Pengacara biasa disebut Advokat, merupakan profesi yang menawarkan jasa hukum di dalam maupun di luar pengadilan. Jasa hukum yang diberikan bisa berupa konsultasi hukum, bantuan hukum, menjalankan kuasa, mewakili, mendampingi, membela, maupun tindak hukum lainnya untuk kepentingan klien.

Jaksa
Tugas dan kewenangan jaksa adalah sebagai penuntut umum dan pelaksana (eksekutor) putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap dalam perkara pidana. Untuk perkara perdata, pelaksana putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap adalah juru sita dan panitera dipimpin oleh ketua pengadilan. Jadi, peran jaksa berbeda dalam ranah pidana dan perdata.

Konsultan Hukum Islam
Tugasnya berupa konsultasi dan edukasi kepada klien tentang apa yang menjadi hak dan kewajibannya, posisi hukumnya, dan dengan demikian memitigasi kerugian lebih lanjut, disamping memberi rekomendasi hukum yang objekti terkait berbagai hal yang berhubungan dengan hukum islam.

Konsultan & Staf Legal
Jika kamu terus mengasah kemampuanmu di bidang syariah dan hukum, kamu juga bisa menjadi konsultan atau staf legal di perusahaan-perusahaan. Sedikit tips, kamu bisa memperdalam kelebihanmu di bidang syariah seperti ekonomi syariah. Bank-bank berbasis syariah tentu akan membutuhkan keahlian seperti ini untuk ditempatkan sebagai staf legal.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *