Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota : Pengetahuan & Keahlian

Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota : Pengetahuan & Keahlian

Nov 8, 2022 by admin

Deskripsi Jurusan

Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) dikenal juga dengan nama jurusan Teknik Planologi. Jurusan ini mempelajari perencanaan kota dan wilayah dengan mempertimbangkan berbagai aspek termasuk aspek sosial, ekonomi, dan politik. juga akan bekali dengan keterampilan menyusun rencana tata ruang serta mengevaluasi berbagai kebijakan dan program yang berhubungan sama rencana tata ruang dan tata wilayah.

Baca juga : Penjelasan Mengenai Jurusan Teknik Penerbangan

Pengetahuan dan Keahlian

  • Kemampuan analisis
  • Kemampuan meneliti
  • Kemampuan melakukan observasi
  • Kemampuan problem solving
  • Kemampuan berpikir rasional
  • Kemampuan berpikir terstruktur
  • Kemampuan komunikasi

5 Pilihan Prospek Kerja Perancanaan Wilayah & Kota

1. Perencana wilayah dan kota
Sesuai nama jurusannya, kamu bisa menjadi seorang perencana wilayah dan kota. Jenis pekerjaan yang satu ini memiliki definisi dan tanggung jawab yang luas. Kamu akan melakukan banyak survei, visitasi, hingga penelitian yang tujuan akhirnya adalah merencanakan layout wilayah dan kota. Selain itu, kamu juga akan berhubungan dengan banyak pihak, antara lain pemerintah, pengacara, developer, masyarakat, dan ilmuwan sosial untuk membahas tentang perencanaan serta penggunaan lahan.

2. Konsultan
Prospek kerja lulusan perencanaan wilayah dan kota selanjutnya adalah konsultan. Konsultan yang dimaksud bisa berbagai macam, mulai dari konsultan properti, konsultan arsitek, hingga konsultan sipil. Sebagai seorang konsultan, kamu bertanggung jawab untuk memberikan gambaran tentang desain dan biaya yang diperlukan untuk mendirikan sebuah proyek dan bangunan.

3. Perencana transportasi
Beberapa tahun belakangan, transportasi publik di Indonesia mengalami perkembangan yang pesat. Sebagai contoh, Moda Raya Terpadu (MRT) mulai beroperasi pada 2019 lalu, seperti dikutip dari Bisnis. Adapun Lintas Rel Terpadu (LRT) yang sudah mulai beroperasi dan masih terus diperluas jangkauannya. Dengan demikian, tak heran jika perencana transportasi merupakan salah satu prospek kerja lulusan perencanaan wilayah dan tata kota yang paling diincar.

4. Pegawai Negeri Sipil (PNS)
Dikutip dari laman resmi Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK), seorang lulusan perencanaan wilayah dan tata kota juga memiliki kesempatan yang luas untuk bekerja di institusi pemerintahan. Beberapa lembaga yang menerima lulusan jurusan ini antara lain Kementerian PUPR, Kementerian LHK, Kementerian Perhubungan, dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Dengan bekerja di institusi pemerintahan, lulusan perencanaan wilayah dan tata kota otomatis termasuk dalam Pegawai Negeri Sipil (PNS).

5. Dosen
Prospek kerja lainnya yaitu dosen. Jika sudah lulus dari S1 Perencanaan Wilayah dan Kota, kamu akan mendapat gelar Sarjana Teknologi (S.T.). Kemudian, kamu bisa melanjutkan S2 Perencanaan Wilayah dan Kota sebagai syarat utama mengajukan diri sebagai dosen. Ada beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki program S2 Perencanaan Wilayah dan Kota, seperti Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *