Jurusan Teknik Perminyakan : Apa Saja Prospek Kerja Jurusan Ini?

Jurusan Teknik Perminyakan : Apa Saja Prospek Kerja Jurusan Ini?

Nov 10, 2022 by admin

Deskripsi Jurusan

Salah satu jurusan yang dianggap memiliki prospek kerja menjanjikan adalah Jurusan Teknik Perminyakan. Pada jurusan ini kamu akan diajarkan tentang ilmu eksploitasi dan eksplorasi sumber daya alam. Fokus kajian keilmuan Jurusan Teknik Perminyakan adalah pada tambang minyak bumi, panas bumi, dan gas alam. Hal tersebut tidak terlalu jauh berbeda dengan kajian Jurusan Teknik Pertambangan yakni seputar pengeboran, eksplorasi, dan distribusi. Perbedaan kedua jurusan tersebut adalah pada objeknya. Jurusan Teknik Pertambangan mengkaji tentang penambangan benda padat seperti batu bara, emas, nikel, aspal, dan lain-lain, sementara Jurusan Teknik Perminyakan mengkaji tentang tentang penambangan benda cair (fluida) dan gas.

Baca juga : Penjelasan Mengenai Jurusan Teknik Material

Kenapa Harus Memilih Jurusan Teknik Perminyakan?

Sangat banyak keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan Teknik Perminyakan.

  • Selain itu juga terkait menghasilkan energi bersamaan pada tingkat emisi yang relatif rendah. So, untuk lebih jelasnya mengenai beberapa alasan mengapa kamu perlu mengambil Jurusan Teknik Perminyakan, ada pada beberapa poin berikut ini ya!
  • Lulusan atau ahli di bidang ini sangat banyak dicari. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya perusahaan perminyakan ataupun pertambangan yang membutuhkan ahli dalam bidang perminyakan. Gaji yang ditawarkan juga tidak main-main, sehingga prospek dari pekerjaan ini memang sangat bagus.
  • Selain memiliki lapangan pekerjaan yang cukup luas, jenjang karier pada teknik perminyakan juga luas. Hal ini dikarenakan ada banyak sekali universitas internasional terbaik di luar negeri yang akan menerima kamu jika ingin mendalami lebih dalam lagi terkait ilmu migas. Maka untuk kamu yang bercita-cita menjadi dosen atau para ahli, maka kesempatan akan terbuka lebar.
  • Selain menjanjikan potensi penghasilan yang besar, risiko yang dihadapi kedepannya juga tak kalah besar. Namun, bagi kamu yang suka tantangan, tentunya hal ini akan sangat cocok. Karena saat terjun di lapangan, kamu harus siap berhadapan dengan banyaknya kemungkinan dari berbagai hal yang bisa terjadi dan tak terduga.
  • Pengalaman terjun ke lapangan bisa kamu dapatkan. Ya, setelah kamu lulus dari studi ini, maka kemampuan dalam menentukan letak cadangan minyak pun sangat melekat dalam dirimu. Jika tak dimaksimalkan, tentu akan sayang bukan? Karena tak semua orang memiliki kemampuan ini. Sehingga bila kamu merasa masih muda dan kuat fisik, kenapa tak mencoba bekerja di ladang minyak tempat pengeboran itu berada? Sehingga pengalaman terjun lapangan ini, tentu bisa jadi cerita dan inspirasi tersendiri bagi orang lain.

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Teknik Perminyakan

Ahli Geologi
Ahli geologi mencari minyak mentah dan gas alam dengan mempelajari formasi batuan dan potongan dari situs pengeboran. Mereka dapat menganalisis data dari survei geologi, peta lapangan, dan studi seismik untuk membantu mengidentifikasi sumber.

Ahli Geofisika
Ahli geofisika mempelajari komposisi eksternal dan internal bumi. Mereka meneliti tanah dan air di permukaan, atmosfer, serta medan magnet dan gravitasi. Mereka menggabungkan prinsip-prinsip matematika, fisika, dan kimia, kemudian dibantu oleh komputer tiga dimensi untuk mencari cadangan minyak dan gas.

Petroleum Landman
Sebelum sumur dapat dibor di Amerika Serikat, perusahaan pengeboran harus mendapatkan ijin dari pemilik tanah. Tanggung jawab ini jatuh ke profesi yang disebut dengan Petroleum Landman. Mereka harus mendapatkan izin pemerintah dan menegosiasikan hak dari peternak, petani, atau pemilik tanah lainnya. Pekerjaan ini menggabungkan pengetahuan hukum dengan kemampuan komunikasi, penelitian, dan negosiasi.

Insinyur Pengeboran
Sebuah operasi pengeboran dapat memakan biaya jutaan dolar. Oleh karena itu, penting untuk menentukan cara terbaik dan paling ekonomis. Insinyur bekerjasama dengan kontraktor pengeboran untuk mengkonfirmasi lokasi dan merancang prosedur yang paling efisien dan efektif untuk menyelesaikan tugas mereka.

Well-log Analyst
Sebelum, selama, dan setelah proyek pengeboran, Well-log analyst bertanggung jawab untuk mendapatkan sampel inti dan menganalisa potensi dari sampel tersebut. Analis harus menggunakan peralatan canggih, seperti elektronik, nuklir, dan alat-alat akustik. Mereka bertugas untuk menafsirkan data yang diperoleh menjadi rekomendasi yang bermakna.

Insinyur Produksi Minyak
Setelah sumur minyak telah dibor, insinyur produksi harus menentukan cara terbaik untuk membawa minyak ke permukaan.

Dan Masik Banyak Lagi!

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *