Universitas Negeri Surabaya

Universitas Negeri Surabaya ( UNESA ) adalah sebuah Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. UNESA didirikan pada 19 Desember 1964. UNESA memiliki 7 fakultas; 4 fakultas berada di kompleks Kampus Ketintang: Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), serta Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH). Sementara 3 fakultas berada di kompleks Kampus Lidah Wetan: Fakultas Ilmu Olahraga (FIO), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), juga Fakultas Bahasa dan Seni (FBS).

Baca juga : Universitas Negeri Makasar

Sejarah

Periode IKIP

Sejarah UNESA tidak dapat dipisahkan dari IKIP Surabaya yang dimulai sekitar tahun 1950. Berawal dari kursus B-I dan B-II bidang Ilmu Kimia dan Ilmu Pasti yang memanfaatkan sarana dan prasarana berupa ruang kelas dan laboratorium milik Belanda, Hoogere Burger Schol (HBS). Kursus-kursus tersebut diselenggarakan di Surabaya untuk memenuhi kebutuhan tenaga guru setingkat SLTP dan SLTA. Kursus-kursus tersebut meliputi:

(a) B-I dan B-II Kimia.

(b) B-I dan BII Ilmu Pasti.

(c) B-I Bahasa Inggris.

(d) B-I Bahasa Jerman.

(e) B-I Teknik.

(f) B-I Pendidikan Jasmani.

(g) B-I Ekonomi, (h) B-I Perniagaan.

(i) B-I Ilmu Pesawat.

Pada tahun 1957, kursus-kursus B-I dikelompokkan menjadi dua, yaitu (1) Kursus B-I Umum, yang meliputi Bahasa Inggris dan bahasa Jerman, dan (2) Kursus B-I Kejuruan, yang meliputi Kimia, Ilmu Pasti, Ekonomi, Perniagaan, Teknik, Pendidikan Jasmani, dan Ilmu Pesawat. Kursus-kursus tersebut berlangsung sampai tahun 1960.

Periode UNESA

Berdasarkan Keppres RI No. 93 Tahun 1999, IKIP Surabaya berubah menjadi Universitas Negeri Surabaya. Sesuai hasil keputusan rapat senat pada tanggal 12 Oktober 1998, yang menyepakati bahwa nama IKIP Surabaya pasca-konversi adalah Universitas Negeri Surabaya (Inggris:State University of Surabaya) yang disingkat UNESA. UNESA merupakan lembaga yang mempunyai misi ganda yang tetap memiliki basis sebagai LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan).

UNESA tetap menyelenggarakan misi utama, yaitu menyelenggarakan program kependidikan dan program non kependidikan, sehingga UNESA tetap bertugas sebagai penghasil tenaga kependidikan untuk pendidikan prasekolah, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Sesuai Keppres RI No. 93 Tahun 1999, UNESA mempunyai tugas. Berdasarkan perluasan mandat dan perubahan tersebut, UNESA tetap memiliki enam fakultas yang juga mengalami perubahan nama, yaitu :

  • Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP).
  • Fakultas Bahasa dan Seni (FBS).
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH).
  • Fakultas Teknik (FT).
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK).

Lambang

Arti lambang Universitas Negeri Surabaya adalah sebagai berikut:

  • Bunga teratai lancip berwarna merah di atas Tugu Pahlawan, melambangkan kesucian hati, keluhuran budi dan keberanian membela kebenaran bagi seluruh sivitas akademika UNESA dalam mengabdi kepentingan bangsa dan negara.
  • Tugu pahlawan berwarna putih terdiri atas tiga pilar sebagai ciri khas kota Surabaya, melambangkan semangat yang kuat sivitas akademika UNESA dalam mengembangkan Tri Darma Perguruan Tinggi.
  • Sayap burung garuda berwarna kuning berjumlah sembilan yang terdiri dari empat bulu sayap besar, dan lima bulu sayap kecil, melambangkan semangat ’45 yang melandasi sikap dan perubahan seluruh sivitas akademika UNESA dalam berperan mewujudkan tujuan pembangunan nasional.
  • Sisi pada bagian bawah sayap berwarna kurning merupakan bentuk imajiner dari buku yang terbuka, melambangkan bahwa UNESA sebagai tempat menimba ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian.
  • Logotype (logo berupa huruf) UNESA bermakna elegan, dinamis, dan profesional dalam bidang pendidikan di UNESA.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *