Universitas Pamulang

Sejarah

Universitas Pamulang, disingkat UNPAM adalah salah satu perguruan tinggi swasta terbesar di Provinsi Banten. Universitas Pamulang merupakan perguruan tinggi yang dikelola oleh Yayasan Sasmita Jaya yang didirikan oleh Dr. (H.C) H. Darsono. Universitas Pamulang didirikan pada tahun 2000 oleh Yayasan Prima Jaya yang diketuai oleh Drs. Wayan. Namun karena ketidakmampuan Yayasan Prima Jaya dalam mengelola suatu Universitas, maka merekapun mengalihkan kepemilikan dan pengelolaannya kepada Yayasan Sasmita Jaya pada awal tahun 2005. Setelah berganti manajemen, maka berganti pulalah tujuan yang ingin dicapai oleh Universitas Pamulang. Tujuan dari Yayasan Sasmita Jaya adalah mewujudkan suatu sarana pendidikan yang murah dan terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat tanpa melupakan kualitas dari pendidikan itu sendiri. Oleh karena itu Universitas Pamulang selalu mengangkat tenaga-pengajar dan staff administrasi yang berkompeten di bidangnya.

Baca juga : Universitas Atma jaya

Universitas Pamulang juga selalu melakukan pengembangan di bidang kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja, sehingga seluruh lulusan Universitas Pamulang dapat diterima dengan baik dalam dunia kerja. Selain itu untuk menunjang kegiatan perkuliahan, Universitas Pamulang telah menyediakan berbagai macam fasilitas seperti laboratorium dan perpustakaan. Dengan terselenggaranya pendidikan murah di Universitas Pamulang, Yayasan Sasmita jaya berharap semua lapisan masyarakat di Indonesia dapat menikmati pendidikan di bangku kuliah. Dengan terdidiknya seluruh lapisan masyarakat Indonesia maka secara otomatis pun itu akan menurunkan tingkat kebodohan dan kemiskinan serta meningkatkan daya jual dan harga diri masyarakat Indonesia.

Lambang

Lambang Universitas Pamulang terdiri dari 4 bagian yaitu :

Lingkaran luar yaitu bola mengandung arti bahwa Yayasan Sasmita Jaya dan Universitas Pamulang mengacu ke pengembangan dunia dan era Globalisasi yang tak putus-putus namun merupakan satu kesatuan yang bulat Empat segitiga besar dan empat segitiga kecil mengandung arti bahwa Universitas Pamulang memiliki pijakan dari empat sisi landasan kehidupan baik langkah-langkah besar maupun lankah-langkah kecil selalu berlandaskan pada empat hal yaitu :

Iman yaitu seluruh aktifitas selalu berlandaskan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa Ilmu yaitu seluruh aktifitas akademik berpijak kepada sisi keilmuan Amal yaitu pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan wujud amal bakti Akhlak yaitu seluruh amal sebagai wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi dihiasi oleh akhlak yang baik

Lingkaran Utama plat merah mengandung arti bahwa Universitas Pamulang mengemban misi yang utama tidak terpisah-pisah dan bersifat bulat antara pikir dan dzikir, antara iman dan ilmu, ilmu dan amal, amal dan akhlak jasmani dan rohani sebagai suatu lingkaran kehidupan Bunga yang mekar di dalam lingkaran utama memiliki arti Universitas Pamulang membina, mendidik, mengarahkan dan membimbing para mahasiswa sebagai harapan bangsa yang sedang mekar, yang akan mengharumkan bangsa dan menghasilkan buah-buah yang bermanfaat bagi nusa dan bangsa.

Fakultas

Untuk saat ini Universitas Pamulang sudah memiliki beberapa Fakultas dan Program Studi, antara lain:

Fakultas Ilmu Komunikasi
Sistem Informasi (S1)
Teknik Informatika (S1)

Fakultas Hukum
Ilmu Hukum (S1)

Fakultas Sastra
Sastra Inggris (S1)
Sastra Indonesia (S1)

Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Sekretaris (D3)
Akuntansi (D3 dan S1)
Akuntansi Perpajakan (D4)
Manajemen (S1)

Fakultas Teknik
Teknik Mesin (S1)
Teknik Elektro (S1)
Teknik Industri (S1)
Teknik Kimia (S1)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (S1)
Pendidikan Ekonomi (S1)

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika (S1)

Program Pascasarjana
Magister Manajemen (S2)
Magister Ilmu Hukum (S2)

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *